Selamat datang di Blog kami, semoga bermanfaat

Senin, 23 Desember 2013

Prabu Sri Baduga Maharaja "Pamanah Rasa/Jayadewata"

Penguasa Sunda di Kawali yang paling banyak dikisahkan masyarakat dalam bermacam versi, adalah Jayadewata. Pada masa mudanya lebih dikenal dengan sebutan Sang Pamanah Rasa, putera Dewa Niskala. Kemudian ia memindahkan pusat pemerintahan Sunda kembali ke Pakuan.
Jayadewata mewarisi tahta ayahnya di Galuh (Dewa Niskala), dalam kapasitasnya sebagai penguasa Galuh bergelar Prabu Guru Dewataprana. Kemudian ia pun mewarisi tahta mertuanya di Pakuan dari perkawinannya dengan Nyai Ratu Kentring Manik Mayang Sunda Putri dari Prabu Susuktunggal. Gelar Sri Baduga Maharaja yang ia sandang di peroleh karena ia mewaris dua kerajaan, yakni Sunda dengan Galuh.
Sumber utama tentang keberadaan Sri Baduga Maharaja berasal dari prasasti Kabantenan dan Batutulis Bogor. Namun kisah Jayadewata jauh lebih terkenal dalam cerita masyarakat dengan gelar Prabu Silihwangi/Siliwangi.
Kisah Jayadewata di tulis didalam Fragmen Carita Parahyangan, sebagai berikut:
"diganti ku prebu, putra raja pituin, nya eta sang ratu rajadewata, nu hilang di rancamaya, lilana jadi ratu tilupuluhsalapan taun. ku lantaran ngajalankeun pamarentahanana ngukuhan purbatisti purbajati, mana henteu kadatangan boh ku musuh badag, boh ku musuh lemes. tengtrem ayem beulah kaler, kidul, kulon jeung wetan, lantaran rasa aman. teu ngarasa aman soteh mun lakirabi dikalangan jalma rea, di lantarankeun ku ngalanggar sanghiang siksa".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar